PRABU & Pra-Asrama

Para siswa/i SMA Unggul Del yang telah dinyatakan lulus adalah siswa yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Namun dalam mengikuti peradaban, perkembangan zaman, dan teknologi yang canggih, siswa dituntut tidak hanya memiliki kemampuan intelektual tinggi, sehingga institusi pendidikan selaku tempat mendidik harus mempertimbangkan bagaimana kemampuan intelektual siswa akan seimbang dengan kemampuan emosional dan spiritual.

Untuk menyambut kehadiran siswa-siswi baru, pada setiap awal tahun ajaran baru SMA Unggul Del mengadakan kegiatan Program Adaptasi Budaya Unggul (PRABU) dan Pra-Asrama.

Kegiatan PRABU SMA Unggul Del bertujuan untuk mempersiapkan para siswa/i baru agar mampu hidup berasrama baik secara psikologis maupun fisik, berbudaya, serta menghidupi aturan asrama yang akan menjadi tempat tinggal mereka selama tiga tahun di SMA Unggul Del. Kegiatan PRABU juga bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, memperkenalkan siswa tentang kondisi sekolah, budaya sekolah, lingkungan sekolah dan segala hal yang berhubungan dengan sekolah yang nantinya menjadi bagian hidup mereka selama mengecap pendidikan di SMA Unggul Del. Kegiatan PRABU ini diisi dengan serangkaian kegiatan sosialisasi nilai-nilai sosial, tata tertib, sistem pembelajaran, dan budaya-budaya yang mencerminkan siswa unggul di SMA Unggul Del serta kegiatan lain yang memberi dampak positif bagi setiap pesertanya.

Motto 3M yang harus menjadi filosofi hidup keluarga besar SMA Unggul Del akan disampaikan dalam diri siswa/i baru melalui kegiatan seminar.

Tim Panitia PRABU yang terdiri dari para siswa, guru dan staf SMA Unggul Del, secara bersama-sama membimbing siswa/i baru tersebut untuk melatih disiplin dan menghayati budaya asrama serta pengenalan pelaksanaan kegiatan akademik yang akan mereka laksanakan selama bersekolah di SMA Unggul Del.

    • Pada pelatihan sistem asrama, siswa baru akan diajak berkenalan dengan fasilitas dan lingkungan asrama. Pelatihan kegiatan asrama dipimpin langsung oleh Bapak dan Ibu Asrama dibantu oleh kakak abang mentor, dimulai dari cara memasang sprei, mencuci pakaian, adaptasi jam ibadah dan tidur, hingga pelaksanaan curvey asrama.

  • Rangkaian kegiatan akademik akan diisi dengan pengenalan visi dan misi sekolah, serta sistem akademik dan budaya sekolah. Selanjutnya akan dipaparkan mengenai penjelasan peminatan jurusan, sosialisasi perpustakaan dan laboratorium, panduan pelaksanaan dan tata tertib sekolah, seminar pengembangan karakter, PBB, games, science project, dan sesi unjuk bakat untuk melatih kekompakan, kreativitas, kedisiplinan, dan kegiatan outbond.

Semua kegiatan tersebut diharapkan akan membantu siswa/i baru untuk mengikuti ritme perjalanan hidup di SMA Unggul Del.