Program Orang Tua Asuh SMA Unggul Del

Perkembangan teknologi dan globalisasi pada saat ini berlangsung sangat cepat. Perkembangan ini membuat segala sesuatu terjadi dengan cepat dan mudah. Namun di sisi lain, bagi yang tidak siap mengikuti perkembangan akan tersingkir, terdesak dan semakin sulit untuk bertahan hidup. Dampak dari perkembangan ini sangat dirasakan oleh masyarakat marginal (tidak mampu), sehingga mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari termasuk kebutuhan biaya pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya anak yang memiliki kompetensi akademik yang baik namun tidak bisa bersekolah di sekolah unggulan karena terkendala masalah biaya.

Bagi masyarakat menengah ke atas, mereka memiliki banyak pilihan untuk mencari sekolah yang dikehendaki, namun untuk masyarakat kurang mampu mereka seakan tidak memiliki harapan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik. Oleh karena itu SMA UNGGUL DEL hadir sebagai bagian dari solusi untuk menolong mereka memiliki kesempatan mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

SMA Unggul Del telah menetapkan komitmen sesuai Visi dan Misi YAYASAN DEL yaitu menyelenggarakan pendidikan bagi anak – anak dari masyarakat sekitar SMA Unggul Del yang kurang mampu. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat marginal. Sejak tahun 2012 SMA Unggul Del dipercayakan mengelola program bidang Pendidikan Menengah Atas.SMA Unggul Del adalah sekolah yang dibangun dari keprihatinan terhadap kondisi pendidikan saat ini yang cenderung kurang berpihak kepada masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi, karena tingginya biaya pendidikan. Kehadiran pendidikan yang terjangkau dan berkualitas bagi peserta didik di kalangan ekonomi lemah sepertinya masih jauh dari harapan. Untuk itu, SMA Unggul Del hadir dengan memprioritaskan anak-anak yang memiliki kemampuan akademik namun tidak mampu dalam hal pembiayaan. Saat ini SMA Unggul Del sedang berjalan menggunakan subsidi silang dari semua biaya pendidikan yang diperoleh.

SMA Unggul Del sangat mengharapkan sekali adanya dukungan dari masyarakat luas untuk berpatisipasi dalam rangka mengentaskan permasalahan yang dihadapi dengan cara menjadi orang tua asuh bagi siswa-siswi yang kurang mampu.

Adapun rincian biaya pendidikan (biaya per siswa per bulan) yang nantinya akan ditanggung oleh orang tua asuh adalah sebagai berikut:

NO URAIAN RINCIAN BIAYA (Rp)
KETERANGAN

1.

Uang SPP

1.050.000

2.

Uang Asrama

200.000

3.

Uang Makan (3 kali makan sehari)

840.000

Biaya makan per hari Rp. 28.000

4.

Uang Laboratorium

50.000

JUMLAH 2.140.000  Total biaya tiap siswa per bulan

Tabel di atas merupakan rincian biaya pendidikan tiap siswa per bulan yang menjadi tanggung jawab dari orang tua asuh.

Kami menginformasikan bahwa untuk Tahun Ajaran 2017 – 2018, jumlah siswa SMA Unggul Del yang masih memerlukan bantuan orang tua asuh sebanyak 30 orang.

Demikianlah program Orang Tua Asuh untuk beasiswa Pendidikan Anak Kurang Mampu yang bisa kami sampaikan. Besar harapan kami bahwa informasi ini akan dapat mengajak Bapak/Ibu/Saudara/i beserta keluarga maupun kolega untuk berpartisipasi menjadi Orang Tua Asuh untuk anak-anak kami. Semoga program ini menjadi berkah bagi kita semua, dan atas kerja sama dan partisipasinya kami sampaikan ucapan terima kasih.

Untuk donasi Orang Tua Asuh bisa disalurkan melalui:

Bank BNI Cabang Balige
603577722

An. SMA Unggul Del